فعّالية استخدام وسيلة الصورة المتسلسلة على نتيجة التعلم في مهارة الكتابة العربية (الإنشاء) لدى طلاب الفصل الحادى عشر في مدرسة فتوحية الثانوية الإسلامية 1 مرانجين دماك
Main Author: | Huda, Khoirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7539/1/103211020_KHOIRUL%20HUDA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7539/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini menjelaskan tentang Efektifitas Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Mengarang) Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 Mranggen Demak Berdasarkan perkembangan zaman, seorang pendidik dianjurkan mampu menggunakan media yang bisa membantunya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, media gambar contohnya. Dan wajib bagi pula seorang pendidik agar memperhatikan keterampilan bahasa dalam pembelajaran bahasa arab dari segi keterampilan menulis misalnya. Tidak cukup bagi siswa hanya menguasai tata bahasa saja namun siswa harus mampu menerapkannya ketika berbicara atau menulis. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan media dokumen dan tes untuk menjawab beberapa masalah, yaitu: 1. Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak dalam keterampilan menulis bahasa arab (mengarang) yang tidak menggunakan media gambar seri? 2. Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak dalam keterampilan menulis bahasa arab (mengarang) yang menggunakan media gambar seri? 3. Apakah media gambar seri efektif untuk pembelajaran keteramapilan menulis bahasa arab (mengarang) siswa kelas XI MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak? Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen, adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Jumlah keseluruhan siswa sebanyak 35 dan semuanya diambil sebagai sampel. Kelas XI A sebanyak 18 siswa sebagai Kelas Eksperimen dan kelas XI A sebanyak 17 siswa sebagai Kelas Kontrol. Kemudian data yang sudah di peroleh di analisis dengan menggunakan rumus statistik (T-tes dengan dua sampel kecil yang tidak saling berhubungan) Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata dari kelas yang menggunakan media gambar seri yaitu 78,23 dan kelas yang tidak menggunakan media gambar seri yaitu 60, 59. Dan diperoleh 3,011 dan 2,04 pada taraf signifikkansi 5%. Jika lebih besar daripada maka Hipotesis Alternatif diterima, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara antara Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. oleh karena itu, media gambar seri efektif untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa arab (mengarang) siswa kelas XI MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak.