تطبيق طريقة التمييز لترجمة القرآن في الفصل الثامن بمدرسة "الأزهر 14" الثانوية الإسلامية سمارانج في السنة الدراسية 2013/2014
Main Author: | Karim, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7536/1/103211001_skripsi_Abdul_Karim.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7536/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang metode untuk menterjemahkan Al-Qur’an bagi siswa pemula, khususnya di kelas VIII SMP Islam “Al Azhar 14” Semarang. Metode ini adalah metode Tamyiz, yaitu model pembelajaran dengan mudah dan menyenangkan bagi siswa pemula untuk menterjemahkan Al-Qur’an dan kitab Bahasa Arab (kitab kuning) dengan teori Nahwu Sharaf. Tujuannya ialah untuk mengetahui penerapan metode Tamyiz dan proses pembelajarannya untuk menterjemahkan Al-Qur’an di kelas VIII SMP Islam “Al Azhar 14” Semarang, dan apakah para siswa mampu meningkatkan menterjemahkan Al-Qur’an dengan metode Tamyiz di kelas tersebut?. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan. Pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun penerapan metode Tamyiz dan proses pembelajarannya untuk menterjemahkan Al-Qur’an di kelas VIII SMP Islam “Al Azhar 14” Semarang ialah: 1) Laduni (ilat kudu muni), yakni siswa harus mengeraskan suaranya untuk mengoptimalkan potensi otak kanan dan otak kiri, dan teknik pengulangan yang sempurna atau integratif sehingga hasil pembelajaran menjadi lebih baik dan sempurna. 2) Sentot (siswa TOT), yakni model belajar siswa yaitu model guru yang mengajar atau menjelaskan kepada siswa, supaya siswa paham dengan pemahaman yang sempurna sehingga siswa tersebut bisa mengajarkan kepada siswa yang lainnya.