Korelasi prestasi belajar mata pelajaran Fikih dan Akidah Akhlak dengan aktivitas ibadah siswa kelas VIII MTs Futuhiyyah Kudu tahun pelajaran 2013/2014
Daftar Isi:
- Fokus utama penelitian ini didasari karena selama ini orang berasumsi bahwa ada hubungan antara ilmu dan amal, antara prestasi dan perilaku. Tetapi pada kenyataannya tidaklah selalu seperti itu. Untuk membuktikan kebenaran asumsi tersebut penulis melakukan penelitian tentang apakah ada korelasi antara prestasi belajar mata pelajaran Fikih dan Akidah Akhlak dengan aktivitas ibadah. Secara lebih detail penelitianini bertujuan untuk mengetahui:1)besarnya hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran Fikih dengan aktivitas ibadah siswa kelas VIII MTs Futuhiyyah Kudu Kecamatan Genuk; 2) besarnya hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan aktivitas ibadah siswa kelas VIII MTs Futuhiyyah Kudu Kecamatan Genuk; 3) besarnya hubungan antara kedua mata pelajaran tersebut secara bersamaan dengan aktivitas ibadah siswa kelas VIII MTs Kudu Kecamatan Genuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Subyekpenelitian sebanyak 53 responden dari populasi 111 siswa, menggunakan teknik random sampling.Pengumpulan data menggunakan informasi dokumenter untuk menjaring prestasi belajar fiqih (X1), prestasi belajar akidah akhlak (X2), dan instrumen kuesioner untuk menjaring data aktivitas ibadah (Y).Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis korelasi. Berdasarkan analisis terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar Fikih dengan aktivitas ibadah siswa MTs Futuhiyyah Kudu kecamatan Genuk, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar Akidah Akhlak dengan aktivitas ibadah siswa MTs Futuhiyyah Kudu kecamatan Genuk, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar Fikih dan Akidah Akhlak baik secara simultan. Penelitianini dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru Pendidikan Agama Islam agar senantiasa memberi dorongan kepada siswa untuk meningkatkan prestasi belajar fiqih dan akidah akhlak sehingga pengamalan ibadah secara optimal bisa tercapai.