Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri se Kecamatan Undaan Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Prayetno, Muh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/75/1/Prayetno_Tesis_Sinopsis.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/75/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matapelajaran pendidikan agama Islam siswa SMP se-Kecamatan Undaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP se-Kecamatan Undaan sebanyak 458 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 210 orang yang ditentukan berdasarkan tabel Krecjie dengan teknik proporsional random sampling secara undian. Teknik pengumpulan data untuk variabel kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan menggunakan teknik angket, sedangkan untuk variabel hasil belajar pendidikan agama Islam menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar PAI siswa SMP se-Kecamatan Undaan Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil perhitungan melalu bantuan program W-Stats (Walisongo Statistik) F hitung = 45,170 > F tabel = 3,89 pada taraf signifikansi 5%; (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswa SMP se-Kecamatan Undaan Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil perhitungan melalu bantuan programW-Stats F hitung = 65,568 > F tabel = 3,89 pada taraf signifikansi 5%; (3) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara simultan atau bersama-sama terhadap hasil belajar PAI siswa SMP se-Kecamatan Undaan Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan hasil perhitungan melalu bantuan program W-Stats F hitung = 36,629 > F tabel = 3,89 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif kecerdasan emosional sebesar 17,8%; sumbangan efektif motivasi belajar sebesar 24,0%, dan sumbangan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara simultan atau bersama-sama sebesar 26,1%.