Pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang intensitas supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana intensitas supervisi akademik kepala madrasah di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (3) Seberapa besar pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di semua Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 12 MI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik. Dalam penelitian ini responden sebanyak 44 guru. Instrumen angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara intensitas supervisi akademik (X) terhadap kinerja guru agama (Y), hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,630>(0,297) pada taraf signifikansi 5% dan (0,384) pada taraf signifikansi 1% yang berarti signifikan. Sementara itu, uji F sebesar 27,664>(4,07) pada taraf signifikansi 5% dan (7,27) pada taraf signifikansi 1%, maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan.