Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian study kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari 3 lembaga: 1) MI Miftahul Akhlaqiyah (madrasah mitra); 2) FITK UIN Walisongo (pendamping); 3) USAID PRIORITAS mitra UIN Walisongo dalam meningkatkan profesionalisme pendidik MI Miftahul Akhlaqiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan yakni: pertama, FITK UIN Walisongo secara mandiri melalui: pendampingan kerjasama madrasah dengan Perpustakaan Daerah, parenting dan pelatihan literasi bagi guru; kedua FITK UIN Walisongo bekerjasama dengan USAID PRIORITAS melalui: pelatihan dan pendampingan yang intensif. 2) Evaluasi upaya peningkatan profesionalisme pendidik MI Miftahul Akhlaqiyyah: pertama upaya FITK secara Mandiri: kerjasama dengan PerDa Jateng dalam program LTPS menambah koleksi sehingga minat baca siswa meningkat, meningkatnya kontribusi orangtua siswa melalui wakaf dana dan buku karena parenting, dan guru menerapkan pembelajaran berbasis literasi dikelas Karena dibekali pelatihan literasi; kedua evaluasi upaya FITK UIN Walisongo bekerjasama dengan USAID PRIORITAS: pelatihan mampu meningkatkan kreatifitas guru, meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen kelas dan meningkatnya prestasi siswa setiap tahun; dan pendampingan sangat membantu para guru dalam menerapkan hasil pelatihan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendampingan proses refleksi bersama dan perumusan tindak lanjut dengan guru.