Pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah Al-Islāmiyah Witthaya Mulnithi Provinsi Patani Selatan Thailand (tinjauan materi dan metode)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pendidikan agama Islam di sekolah Al- Islāmiyah Witthaya Mulnithi Provinsi Patani Selatan Thailand (Tinjauan Materi dan Metode). Kemudian hasil penelitian ini diharapkan dapat diprogram untuk pengembangan pelaksanaan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data di sekolah Al-Islāmiyah Witthaya Mulnithi Provinsi Patani Thailand Selatan. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian analisis data dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Subjek penelitian yang menjadi subjek dan sekaligus sumber informasi, adalah kepala sekolah Al-Islamiyah Witthaya Mulnithi, guru. staf-staf dan peserta didik. Hasil penelitian menunjuk bahwa 1) Materi pendidikan agama Islam yang diguna baik dari bidang keagamaan, bidang bahasa dan bidang sosial 2) Metode yang dilaksanakan oleh para guru dalam melakukan proses belajar mengajar, adalah metode ceramah, tanya jawab, hafalan, diskusi, pemberian tugas, kisah. Namun metode yang sering digunakan oleh para ustaz dan guru adalah metode ceramah dan metode kisah.