ctrlnum 7473
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/</relation><title>Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits materi pokok silaturrahim melalui penerapan metode gallery walk di kelas IV MI Nurussibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017</title><creator>Sihat, Sihat</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Skripsi ini membahas tentang penggunaan Penerapan Metode Gallery Walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits. Kajiannya dilatar belakangi oleh Rendahnya kemampuan memahami Al-Qur&#x2019;an Hadits siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apakah Penerapan Metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa mapel Al-Quran Hadits materi Silaturrahim kelas IV di MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu Tahun Pelajaran 2016/2017?.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) dengan sifat PTK dilakukan secara mandiri yang artinya peneliti melakukan PTK tanpa kerjasama dengan guru lain. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan metode tes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui keefektifan Penerapan Metode Gallery Walk menggunakan teknik analisis deskriptif. &#xD; Kajian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits pada materi Silaturrahim dengan menggunakan Penerapan Metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Silaturrahim kelas IV di MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu. Hal ini dapat dilihat dari sebelum yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 60,88 siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 65 % sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 35 % dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60,88%. Dalam siklus II yang membahas materi Hikmah Silaturrahim. Berdasarkan hasil evaluasi dari siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 88,23, siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 88 % dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa atau 12 % siswa dengan ketuntasan klasikal sebeasr 88 % dan dengan rata-rata kelas 88,23.</description><date>2016-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sihat, Sihat (2016) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits materi pokok silaturrahim melalui penerapan metode gallery walk di kelas IV MI Nurussibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>7473</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sihat, Sihat
title Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok silaturrahim melalui penerapan metode gallery walk di kelas IV MI Nurussibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017
publishDate 2016
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/1/COVER.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/2/BAB%20I.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/3/BAB%20II.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/4/BAB%20III.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/5/BAB%20IV.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/6/BAB%20V.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/8/LAMPIRAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7473/
contents Skripsi ini membahas tentang penggunaan Penerapan Metode Gallery Walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Kajiannya dilatar belakangi oleh Rendahnya kemampuan memahami Al-Qur’an Hadits siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apakah Penerapan Metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa mapel Al-Quran Hadits materi Silaturrahim kelas IV di MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu Tahun Pelajaran 2016/2017?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) dengan sifat PTK dilakukan secara mandiri yang artinya peneliti melakukan PTK tanpa kerjasama dengan guru lain. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan metode tes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui keefektifan Penerapan Metode Gallery Walk menggunakan teknik analisis deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi Silaturrahim dengan menggunakan Penerapan Metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Silaturrahim kelas IV di MI Nurussibyan Randugarut Kecamatan Tugu. Hal ini dapat dilihat dari sebelum yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 60,88 siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 65 % sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 35 % dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60,88%. Dalam siklus II yang membahas materi Hikmah Silaturrahim. Berdasarkan hasil evaluasi dari siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 88,23, siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 88 % dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa atau 12 % siswa dengan ketuntasan klasikal sebeasr 88 % dan dengan rata-rata kelas 88,23.
id IOS2754.7473
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2017-11-09T21:59:12Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:42Z
recordtype dc
_version_ 1765821512595537920
score 17.538404