Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rumusan permasalahan adalah bagaimanakah penerapan metode simulasi dalam pembelajaran Fiqih materi tata cara haji kelas V MI pasekan kecamatan ambarawa kabupaten semarang tahun 2015/2016 dan apakah metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar materi tata cara haji siswa kelas V MI Pasekan kecamatan ambarawa kabupaten semarang Tahun 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di MI Pasekan dengan Objeknya siswa kelas V dengan jumlah 7 anak. Penerapan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Tata Cara Haji Kelas V MI Pasekan Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 cukup baik dan dapat meningkatkan antusias belajar siswa. Metode Simulasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar dengan dibuktikan pada pencapaian tahap siklus I kategori Baik 0 %, Cukup 57,14 %, Kurang 0 % dan Sangat Kurang 42,86 % dan Pada tahap siklus dengan tingkat ketuntasan berjumlah 4 orang dengan prosentase 57,14 %. Sedangkan pada siklus II meningkat kategori Baik sekali 14,28 %, Baik 57,14 %, Cukup 28,56 % dan sangat kurang 0 %. Hal ini berarti pada tahap siklus I ketuntasan siswa 57,14 % dan kemudian pada tahap siklus 2 mengalami peningkatan lagi sebesar 42,86 % menjadi 100 %.