Efektivitas model talking stick dan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pokok energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang tahun ajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Talking Stick dan Media Gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi energi kelas IV MI Darul Ulum Wates Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen yaitu true experimental design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan nilai hasil ulangan harian. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai posttest hasil pembelajaran kelas kontrol dan eksperimen. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu soal test di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda kelas uji coba. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test. Berdasarkan uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung = 3,966, sedangkan t tabel = 2,00. Karena t hitung > t tabel berarti pembelajaran menggunakan model talking stick dan media gambar efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen = 79,84 dan kelas kontrol = 69,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang menggunakan talking stick dan media gambar efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi energi kelas IV.