Daftar Isi:
  • Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana hasil belajar bidang studi aqidah akhlak siswa kelas VIII MTs Al Wathoniyyah Semarang? (2) Bagaimana akhlak siswa kelas VIII MTs Al Wathoniyyah Semarang (3) Adakah pengaruh hasil belajar bidang studi aqidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs Al Wathoniyyah Semarang tahun ajaran 2016/2017? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket untuk memperoleh data X yaitu hasil belajar bidang studi aqidah akhlak kelas VIII MTs Al Wathoniyyah Semarang dan variabel Y yaitu akhlak siswa kelas VIII MTs Al Wathoniyyah Semarang. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1. Hasil belajar bidang studi aqidah akhlak kelas VIII MTs Al Wathoniyyah Semarang tahun ajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 86,18 dan terletak pada interval nilai 84-87. 2. Akhlak siswa kelas VIII MTs Al Wathoniyyah termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil angket tentang akhlak siswa sebesar 52,46 dan terletak pada interval nilai 49-55. 3. Ada hubungan yang erat antara variabel hasil belajar bidang studi aqidah akhlak (X) terhadap akhlak siswa (Y) kelas VIII MTs Al Wathoniyyah Semarang tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan korelasi product moment dari hasil rhitung dibandingkan dengan rtabel, dan dapat diketahui bahwa rxy = 0,18 < rtabel =o,284 atau 0,368. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak, yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs Al Wathoniyya Semarang tahun ajaran 2016/2017.