Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang kontribusi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menangkal potensi paham radikalisme dengan studi kasus di SMK Negeri 4 Semarang. Kajian ini dilatar belakangi oleh maraknya radikalisme yang sudah menjadi permasalahan global dan sudah masuk ke ranah dunia pendidikan. Para pendidik khususnya pendidik Islam perlu menyadari betapa pentingnya pemahaman agama Islam dikemukakan dengan jelas dan rasional kepada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif studi kasus di SMKN 4 Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi data, dan menggunakan teknik deskripsi analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kontribusi yang diberikan oleh guru PAI di SMKN 4 Semarang dalam upaya menangkal potensi paham radikalisme di sekolah tersebut: 1. Program pemahaman. Diberikan melalui pemberian pengetahuan mengenai radikalisme terhadap peserta didik. 2. Program pendampingan. Dilakukan oleh guru dalam kegiatan yang ada di sekolahan. Dalam pemberian kontribusi tersebut muncul problematika yang harus dihadapi: 1. Berasal dari permasalahan pribadi peserta didik. 2. Berasal dari lingkungan di sekitar peserta didik. Dari kontribusi yang diberikan dan problematika yang ada, maka dari pihak guru PAI memberikan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada.