Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Korelasi antara Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dengan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik Kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak? (2) Bagaimana Perilaku Keberagamaan Peserta Didik Kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak? (3) Apakah terdapat Korelasi antara Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dengan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik Kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak. (2) Perilaku Keberagamaan Peserta Didik Kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak. (3) Adakah Korelasi antara Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dengan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik Kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 74 siswa diambil dari 30% dari jumlah populasinya yaitu 248 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk memperoleh data variabel X yaitu Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dan menggunakan angket untuk memperoleh data Variabel Y yaitu Perilaku Keberagamaan Peserta Didik Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistic deskriptif, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1. Prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak dalam kategori baik. Hal ini dapat di lihat dari hasil analisis yang menunjukan nilai mean 83,08 yaitu berada pada interval 80-84. 2. Perilaku keberagamaan peserta didik kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak dalam kategori Baik, Hal ini dapat di lihat dari hasil analisis yang menunjukan nilai mean 82,5 yaitu berada pada interval 80 - 84. 3. Terdapat hubungan yang positif antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan perilaku keberagamaan peserta didik kelas VIII MTs N Karangtengah Demak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan, terbukti dari besarnya koefisien korelasi sebesar 0,652 dengan pengujian menggunakan uji t diperoleh thitung = 7,296 > ttabel = 2,00. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan melihat hasil penelitian, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak terutama bagi guru dan orang tua wali peserta didik, untuk lebih meningkatkan perhatian, pengawasan, dan bimbingan terhadap peserta didik kelas VIII di MTs N Karangtengah Demak.