Komparasi pemahaman pendidikan agama Islam dan akhlak antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh-Brebes

Main Author: Muzaki, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7436/1/123111042.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7436/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas komparasi pemahaman pendidikan agama Islam dan akhlak antara siswa lulusan MI dan lulusan SD di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh-Brebes. Tujuan dari peneliti ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui pemahaman pendidikan agama Islam siswa kelas VIII lulusan MI dan lulusan SD di SMP Bistanul Ulmu Jatirokeh-Brebes; 2) Untuk mengetahui akhlak siswa kelas VIII lulusan MI dan siswa lulusan SD di SMP Bustanul Ulum Jatirokeh-Brebes; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman pendidikan agama Islam dan akhlak siswa kelas VIII antara lulusan MI dan lulusan SD di SMP Bustanul Ulum Jatirokeh-Brebes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) dengan tujuan memperoleh data-data yang diperlukan dari kancah atau obyek penelitian yang sebenarnya, dan untuk mempelajari secara intensif latar belakang, status terakhir dan interaksi yang terjadi pada suatu satuan sosial seperti individu, kelompok, lembaga atau komunitas. Hasil penelitian menunjukkan : 1) pemahaman pendidikan agama Islam siswa lulusan MI kelas VIII di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh-Brebes termasuk dalam kategori sedang yaitu pada interval 72-79. Sedangkan pemahaman pendidikan agama Islam siswa lulusan SD kelas VIII di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh-Brebes termasuk dalam kategori sedang yaitu pada interval 71-78. 2) Kualitas nilai akhlak siswa lulusan MI kelas VIII di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh-Brebes termasuk dalam kategori sedang yaitu pada interval 83-86. Sedangkan kualitas nilai akhlak siswa lulusan SD kelas VIII di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh-Brebes termasuk dalam kategori sedang yaitu pada interval 82-86. 3) Berdasarkan pengujian t-test diketahui besar thitung yang didapat dari hasil perhitungan nilai tes yaitu 0,2628 dan nilai angket sebesar 0,9794. Sedangkan dalam tabel distribusi t menunjukkan pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,6596 dan taraf 1% sebesar 2,3627. Sehingga baik pada taraf signifikansi 5% ataupun taraf signifikansi 1% thitung < ttabel. Jadi Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman pendidikan agama Islam dan akhlak siswa kelas VIII antara lulusan MI dan lulusan SD di SMP Bustanul Ulum NU Jatirokeh-Brebes.