Daftar Isi:
  • Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan model small group discussion materi sistem pernafasan manusia dan hewan di kelas V MI Salafiyah Datar Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Apakah model small group discussion dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi sistem pernafasan manusia dan hewan di kelas V MI Salafiyah Datar Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model small group discussion materi sistem pernafasan manusia dan hewan di kelas V MI Salafiyah Datar Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 dilakukan dengan membentuk kelompok kerja dimana setiap kelompok terdiri dari 5 siswa sehingga ada 6 kelompok, dengan diberikan permasalahan mengenai alat pernafasan manusia dan alat pernafasan hewan dengan panduan LKS pada siklus I dan pada siklus II dilakukan membentuk kelompok kerja dimana setiap kelompok terdiri dari 3 siswa sehingga ada 10 kelompok, guru menerankgn materi menggunakan media audio visual dan alat peraga tiruan, setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai LKS dan menjawab LKS untuk dipresentasikan ke depan dan kelompok lain mengomentari. 2) Model small group discussion dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi sistem pernafasan manusia dan hewan di kelas V MI Salafiyah Datar Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dilihat dari peningkatan prestasi belajar per siklus dimana pra siklus ketuntasan belajar siswa 11 siswa atau 36,6% naik menjadi 20 siswa atau 66,7% pada siklus I dan di akhir siklus II sudah menjadi 26 siswa atau 90%. Prestasi belajar yang telah di capai sudah sesuai indikator yang ditentukan yaitu nilai ketuntasan dengan KKM 70 sebanyak 80% dan aktivitas belajar pada kategori baik dan baik sekali sebanyak 80 % dari jumlah seluruh siswa.