Efektivitas model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda kelas IV MI Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun ajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IVB berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adaah 80,04, sedangan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 74,24. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh thitung = 2,181 dan ttabel = 1,67 dengan taraf signifikansi sebesar 5%, jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran POE dengan yang menggunakan metode ceramah. Hal ini juga ditunjukkan pada hasil uji gain, kelas eksperimen memperoleh gain 0,42, sedangkan kelas kontrol memperoleh gain 0,06. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE efektif terhadap hasil belajar materi perubahan wujud benda Kelas IV MI Akhlaqiyah Bringin Semarang.