Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 peserta didik. Kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum diberi perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen menggunakan metode learning starts with a question sedangkan kelas kontrol menggunakan metodel pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 77,67 sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 69,65. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh thitung = 2,529 dan ttabel = 1,67 dengan taraf signifikansi sebesar 5%, jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan metode learning starts with a question dengan yang menggunakan metode konvensional. Dapat disimpulkan bahwa metode learning starts with a question efektif terhadap hasil belajar IPS materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia di kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak.