Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Kartu Arisan dan Metode TGT(Team Games Tournament (X)Terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) Pada Materi Bahan Penyusun Benda Kelas V MI Futuhiyyah, Mranggen Kab. Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung = 4,190 dan dari tabel distribusi t diperoleh t tabel= 2,00. Karena t hitung > t tabel, jadi Ha diterima. Artinya, bahwa pembelajaran menggunakan model kartu arisan dan metode TGT(Team Games Tournament)efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen X = 82,833dan rata-rata kelas kontrol X=70,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kartu arisan dan metode TGT(Team Games Tournament) efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan bahan penyusun benda.