Strategi marketing door to door dalam meningkatkan jumlah anggota di BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran

Main Author: Murti, Nurizka Listyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7401/1/1405015121.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7401/
Daftar Isi:
  • BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran terletak dilokasi yang strategis dengan mayoritas penduduk yang memiliki usaha. Namun disamping itu BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran juga memiliki pesaing maka salah satu cara atau strategi yang dilakukan BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran untuk meningkatkan jumlah anggotanya adalah dengan cara door to door atau jemput bola. Strategi marketingdoor to door atau jemput bola disini merupakan bagian dari strategi bauran pemasaran yang berada pada promosi, dimana promosi adalah salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka memasarkan produk jasa. Adapun pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran dalam menjalankan strategi marketing door to door dan kendala apa yang dihadapi saat menjalankan strategi marketing door to door. Jenis Penelitian Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research). Maka penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskripif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan strategi marekting door to door sangat berpengaruh terhadap perkembangan jumlah anggota BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran dari tahun ke tahun mengalami peningkatan cukup signifikan. Adapun kegiatan door to dooryang dilakukan oleh BMT Al-Hikmah Cabang Gunungpati Sekaran yaitu marketing melakukan perencanaan terlebih dahulu kemudian terjun kelapangan setalah itu memfollow up anggota dan calon anggota baru. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi marekting door to door antar lain cuaca yang tidak menentu, pesaing, dan kurangnya pemahaman marketing terhadap produk yang akan mereka tawarkan kepada masyarakat dan calon anggota baru.