Model Pembelajaran al-Islam dengan Sistem Boarding School (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu) Kabupaten Blora

Main Author: Musiran, Muh.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/74/1/Musiran_Tesis_Sinopsis.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/74/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran merupakan kombinasi yang tersusun dari beberapa komponen maupun unsur dengan proses yang kompleks (rumit), namun dengan maksud yang sama memberi pengalaman belajar kepada siswa sesuai dengan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan pembelajaran mata pelajaran al-Islam dengan sistem boarding school di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu. (2). Mendeskripsikan efektifitas pembelajaran mata pelajaran al-Islam dengan sistem boarding school di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu. (3) Menganalisis kelebihan dan kekurangan pembelajaran al-Islam dengan sistem boarding School di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah Jati dengan pesantren Al-Amin dan SMP Muhammadiyah Cepu.dengan pesantren Al-Hikmah. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran al-Islam dari SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu dan Pengasuh pesantren Al-Amin dan Al-Hikmah serta beberapa orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembelajaran mata pelajaran al-Islam dengan sistem boarding school adalah: 1. Pembelajaran mata pelajaran al-Islam dengan sistem boarding school dalam penerapannya sangat membantu character building. 2. Pembelajaran mata pelajaran al-Islam efektif dilakukan dengan sistem boarding school. Terlebih didukung oleh beberapa faktor seperti unsur guru yang profesional, siswa-siswa yang cerdas, metode pembelajaran yang bervariasi, pemilihan media yang digunakan serta adanya lingkungan yang kondusif. 3. Selain banyak kelebihan dari pembelajaran al-Islam dengan sistem boarding school, masih terdapat pula kekurangan, seperti halnya pada metode pembelajarannya yang masih kurang, tenaga pengasuh, aspek siswanya, kurikulum, manajemen, maupun dalam prosesnya.