Daftar Isi:
  • Alasan penulis melakukan penelitian tentang strategi promosi untuk meningkatkan jumlah nasabah di BMT Harapan Umat Pati Kantor Cabang Pucakwangi karena BMT Harapan Umat Pati Kantor Cabang Pucakwangi dari pertama berdiri tahun 2011 telah memiliki nasabah yang berjumlah 2.417 nasabah sehingga penulis tertarik untuk meneliti bahwa sebenarnya strategi promosi yang seperti apa yang digunakan di BMT Harapan Umat Pati Kantor Cabang Pucakwangi sehingga dapat memiliki jumlah nasabah yang begitu banyak dengan usia lembaga yang masih muda. Sehingga rumusan masalah yang akan diteliti oleh penulis yaitu bagaimana strategi promosi untuk meningkatkan jumlah nasabah dan bagaimana analisis penerapan strategi promosi pada BMT Harapan Umat Pati Kc Pucakwangi. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penulis menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung ke BMT Harapan Umat Pati Kc Pucakwangi dan melakukan wawancara secara sistematis untuk mendapatkan data dan informasi, serta menggunakan data sekunder yang diambil oleh penulis dari buku-buku perpustakaan yang berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan oleh penulis. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa BMT Harapan Umat Pati Kc Pucakwangi dalam mempromosikan produknya untuk meningkatkan jumlah nasabah dengan menerapkan bauran promosi pertama periklanan dengan menyebarkan brosur, pamflet dan memasang MMT, kedua penjualan pribadi dengan door to door, komunikasi dari mulut ke mulut, ketiga hubungan masyarakat memberikan beasiswa untuk nasabah pelajar, memberi hadiah dan beraneka sovenir, dan yang keempat promosi penjualan dengan adanya program wisata gratis dengan syarat dan ketentuan yang ada.