Daftar Isi:
  • Dengan semakin banyaknya Lembaga Keuangan Syariah baik bank maupun non bank terutama pada lembaga keuangan mikro seperti BMT. Dari pertumbuhan yang semakin baik maka harus diimbangi dengan sistem pelayanan yang baik pula. Dengan mengoptimalkan pelayanan dari setiap produk-produknya, dan menuntut kinerja karyawan yang baik. Dengan begitu KSPPS BMT El Amanah mampu menarik kepercayaan dari para anggotanya. Dan dari kepercayaan itulah akan muncul loyalitas dari anggota untuk bertransaksi dengan lembaga keuangan tersebut. Banyak BMT yang tidak bisa mempertahankan eksistensinya lantaran karena kurangnya profesional kerja pada karyawan sehingga pelayanan yang diterima anggota kurang memuaskan sehingga banyak anggota yang beralih ke lembaga keuangan lain. Untuk menghasilkan loyalitas anggota, KSPPS BMT El Amanah menciptakan budaya kerja yang baik kepada para karyawannya. Penilaian anggota atas kualitas pelayanan yang baik akan menciptakan kepercayaan yang tinggi di hati anggota, sehingga mampu meningkatkan loyalitas anggota pada KSPPS BMT El Amanah. Dari latar belakang masalah tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan judul “Strategi KSPPS BMT El Amanah dalam menjaga loyalitas anggota pada produk simpanan ”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana strategi KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam menjaga loyalitas anggota. Penelitian dilakukan di KSPPS BMT El Amanah Kendal pasar kota Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi. Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, strategi KSPPS BMT El Amanah menggunakan strategi intensif dengan penawaran atas produk simpanan maupun pinjaman. Dilakukan melalui strategi penetrasi pasar dengan mempromosikan dan menyebar brosur-brosur. Kemudian strategi pengembangan pasar dengan mengenalkan produk-produk ke daerah yang jauh dari lokasi kantor dan strategi pengembangan produk dengan menciptakan produk pilihan dan menarik sesuai dengan kebutuhan masyarakat.