Daftar Isi:
  • Terkait dengan hasrat masyarakat yang berkeinginan untuk menunaikan ibadah Haji maka BMT AL HIKMAH menawarkan suatu produk tabungan Haji untuk mempermudah masyarakat dalam melaksanakan ibadah haji dengan cara menabung dalam jangka waktu agar masyarakat lebih ringan dibandingkan harus membayar biaya haji secara tunai yang nilainya mencapai puluhan juta. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apa faktor-faktor yang memengaruhi kurang minat nasabah pada produk tabungan Haji di KJKS BMT AL HIKMAH Ungaran dan bagaimana strategi untuk meningkatkan minat nasabah pada produk tabungan haji KJKS BMT AL HIKMAH Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di KJKS BMT AL HIKMAH Ungaran. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder. Data-data diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskripstif analisis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pertama, faktor-faktor yang memengaruhi kurang minatnya nasabah pada produk tabungan Haji di KJKS BMT AL HIKMAH Ungaran terdiri dari faktor internal (strategi pemasaran kurang dimaksimalkan dan hanya mengajak anggota si Rela ) dan faktor eksternal (banyaknya pesaing, banyak BMT yang kolaps,dan belum ada keinginan untuk naik haji, kebutuhan ekonomi dan pendidikan) Kedua, dalam strategi meningkatkan minat nasabah, KJKS BMT AL HIKMAH Ungaran melakukan straegi pemasaran dengan bersosialisasi jemaah pengajian, mempromosikan ke saudara terdekat, menyebar brosur, dan diikuti dana talangan haji.