Daftar Isi:
  • Seiring perkembangan dunia usaha sekarang ini, pertumbuhan di bidang perekonomian baik jasa ataupun sektor industry berkembang dengan pesat. Persaingan di lembaga keuangan syari’ah makin terfragmentasi karena hadirnya pemain-pemain swasta dengan permodalan yang cukup dan strategi penetrasi bisnis yang bergiliran. Alasan peneliti meneliti strategi bersaing produk karena peneliti tertarik dengan metode pemasaran KSPPS BMT BUS Cabang Gabus Purwodadi, di Purwodadi banyak lembaga keuangan mikro lainnya yang mengharuskan KSPPS BMT BUS bersaing secara kompeten dan menjadi kan posisi KSPPS BMT BUS sebagai salah satu lembaga keuangan syariah harus mampu bersaing secara kompetitif memiliki karakter tersendiri dalam bersaing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bersaing produk SIRELA yang di terapkan KSPPS BMT BUS, dan strategi pemasaran produk SIRELA di KSPPS BMT BUS Cabang Gabus Purwodadi dalam meningkatkan jumlah anggota. Metodologi penelitian yaitu dengan jenis penelitian lapangan (field research) sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang di pakai peneliti adalah dengan cara wawancara, dokumentasi, dan metode analisis data. Hasil penelitian tentang strategi bersaing produk SIRELA yaitu Produk yang ditawarkan KSPPS BMT BUS tidak ada tambahan biaya administrasi perbulan, KSPPS BMT BUS mengajak dan membimbing anggota dari system riba ke sistem syariah melalui produk pembiayaan yang dimiliki Nisbah bagi hasil tabungan tinggi yaitu untuk bulanan 2,5% dan untuk musiman sebesar 3%,. Persyaratan Pembukaan dan penutupan tabungan mudah, adanya undian pada semua produk. Strategi dalam meningkatkan jumlah anggota KSPPS BMT BUS yaitu dengan melakukan promosi, tempat yang strategis, produk dan bagi hasil, sikap dan pelayanan.