Daftar Isi:
  • Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) BMT AL HIKMAH Ungaran merupakan salah satu lembaga keuangan yang berbadan hukum koperasi yang di dalamnya terdapat bait al-maal dan bait at-tamwil di mana dalam operasionalnya di jalankan dengan menerapkan prinsip-prinsip syari’ah. Untuk asset BMT AL HIKMAH mencapai 23 milyar sampai sekarang. Dari pengangkatan judul Penerapan Marketing Mix Pada Produk Simpanan Sukarela Lancar (sirela) di KSPPS BMT AL HIKMAH Ungaran, maka dapat di rumuskan permasalahan yakni sebagai berikut : bagaimana penerapan marketing mix pada produk sirela dan bagaimana pengaruh marketing mix pada produk sirela. Dalam penyelesaian permasalahan yang terkait, penulis menggunakan tiga metode dalam pengumpulan data primer dan data sekunder yakni dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode analisis deskriptif. Jenis penelitian yang di lakukan penulis adalah penelitian lapangan (field research). Dari hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa akad yang di gunakan dalam produk sirela di KSPPS BMT AL HIKMAH Ungaran adalah akad wadi’ah yadh dhamanah. BMT atas kehendaknya sendiri tanpa perjanjian dimuka, dapat memberikan bonus kepada anggotanya. Anggota produk sirela ini juga paling banyak di antara produk-produk yang lainnya, karena simpanan yang aman, bonus yang relatif besar dan dapat di ambil sewaktu-waktu.