Daftar Isi:
  • Kebutuhan terbesar dalam mengatur bisnis pada lembaga keuangan adalah melakukan pemasaran. Pemasaran tidak terlepas dari unsur persaingan. Agar perusahaan tetap mampu bersaing maka perusahaan harus mampu menciptakan strategi pemasaran yang sesuai dan efektif. Lembaga keuangan harus mampu bersaing secara kompetitif agar mampu memenangkan persaingan. Oleh karena itu, maka penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut stategi pemasaran yang digunakan oleh BMT Harapan Umat KCP Sleko Pati dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk sirela. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan serta kendala-kendala yang dihadapi BMT Harapan Umat KCP Sleko Pati dalam meningkatkan keungguan kompetitif pada produk sirela. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. BMT Harapan Umat KCP Sleko Pati agar dapat bersaing dan mampu mempromosikan produknya melakukan strategi pemasaran dengan melakukan pengenalan pasar dan menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu pengembangan produk, penetapan harga/tarif jasa, penggunaan media promosi dan pendistribusian produk ke masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan BMT Haarapan Umat KCP Sleko Pati dapat meningkatkan volume penjualan produknya sehingga BMT akan dapat mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif.