Daftar Isi:
  • Media televisi merupakan salah satu media gabungan, dari media dengar dan gambar. Media ini dianggap paling efektif dalam menyampaikan informasi. Informasi yang disampaikan oleh televisi, dengan mudah dimengerti karena jelas terdengar secara audio visual. Sifat politisnya sangat besar karena bisa menampilkan informasi, hiburan, dan pendidikan, atau gabungan dari ketiga unsur tersebut secara jelas. Saat ini Perkembangan program acara di televisi saat ini dapat sangat berpengaruh dalam kehidupan masyrakat indonesia dan menarik perhatian pemirsa.dari sekian banyak stasiun televisi di indonesia salah satunya adalah TRANS TV yang menyajikan berbagai tayangan infotaiment dan entertaiment salah satunya adalah program Berita Islami Masa Kini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teori SOR kepanjangan dari Stimulus-Organism-Respons menerangkan bahwa efek yang muncul tergantung pada proses yang terjadi pada individu, dimana pesan yang tersampaikan mungkin diterima atau ditolak. Komunikasi sendiri berlangsung jika ada perhatian dari komunikan, lalu komunikan mengerti dan mengolah serta menerimanya, maka munculah efek dengan wujud kesediaan merubah sikap. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa fakultas dakwah dan komuikasi UIN Walisongo Semarang terhadap tayangan Berita Islami Masa Kini (kajian adab makan seorang muslim). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu metode yang merupakan penelitian yang menekankan analisis data dalam proses penyimpulan induktif, serta menganalisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati serta terjadi dan menggunakan logika ilmiah. Fokus penelitian pada respon mahasiswa jurusan KPI angkatan 2013 mahasiswa yang menjadi informan penelitian untuk mencakup tiga aspek yakni aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek konatif. Dan teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (interview) dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa respon mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang terhadap tayangan “Berita Islami Masa Kini” (Kajian Episode Adab Makan Seorang Muslim) secara aspek kognitif responden yang mengetahui dan membutuhkan informasi, secara aspek afektif responden kurang tertarik, dan secara asfek konatif responden merasa kehidupannya lebih baik dan melakukan kebiasaanya dengan baik setelah melihat program tersebut.