Daftar Isi:
  • Persaingan radio yang makin ketat menuntut para pengelolanya harus pandai mencari celah agar dapat bertahan hidup. Beberapa radio yang semula segmen pendengarnya umum dapat mengalihkan segmentasi pasarnya secara khusus. Tidak terkecuali radio DAIS. Khalayak hanya akan memperhatikan acara yang menarik dan bermanfaat bagi audien. Pendengar radio DAIS yang sering disebut dengan Monitoring radio DAIS (MODIS) selalu memantau acara-acara yang disiarkan radio DAIS. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana Radio DAIS menentukan segmentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Radio DAIS menentukan segmen secara jelas. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah, dalam penentuan segmentasi pendengar, radio DAIS menggunakan dua cara yaitu melakukan riset walaupun pada kenyataannya belum dan menampung masukan dari masyarakat dan pendengar. Sementara ini Radio DAIS untuk mengetahui khalayak pendengar dengan melakukan telepon random dan mengirimkan pesan singkat untuk mengetahui darimana pendengar berasal, serta memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter.