Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di SD Islam Hidayatullah Semarang tahun 2013-2014
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas mengenai kepemimpinan kepala sekolah dan berbagai upaya yang dilakukan guna meningkatkan motivasi kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) upaya kepala sekolah dalam mentransformasikan visi dan misi SD Islam Hidayatullah, 2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah sudah melakukan pentransformasian visi dan misi sekolah kepada seluruh komunitas sekolah melalui pengenalan kembali visi dan misi sekolah dalam musyawarah kerja. Dalam musyawarah tersebut dirumuskan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya visi dan misi sekolah. (2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di bagi ke dalam dua pendekatan, a) Pendekatan kultural diarahkan ke dalam pembangunan hubungan yang baik dengan seluruh komunitas sekolah sehingga mampu terbentuk komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan anggotanya. b) pendekatan struktural diarahkan ke dalam pemenuhan kebutuhan yang menunjang aktivitas kerja guru. (3) Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala SD Islam Hidayatullah berupa kepemimpinan demokrasi dan partisipatif. Kepala sekolah berusaha mengajak anggotanya untuk berpartisipasi aktif dalam seluruh kegiatan yang ada di SD Islam Hidayatullah. Upaya peningkatan yang telah dirancang kemudian direalisasikan ke dalam kepemimpinan yang diterapkan. Kepala sekolah mampu menunjukkan sikap yang penuh semangat dalam bekerja sehingga ia layak dijadikan teladan bagi anggotanya.