Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perencanaan program kecakapan vokasional di MAN Kendal. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan program kecakapan vokasional di MAN Kendal. 3) Untuk mengetahui evaluasi program kecakapan vokasional di MAN Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan metode pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian adalah: Pertama, kegiatan perencanaan program kecakapan vokasional dilakukan dengan menyusun program tahunan. Adapun agenda tersebut: penerimaan siswa baru, magang, kunjungan industri, EBTA atau uji kompetensi dan wisuda. Kegiatan penyusunan perencanaan ini biasanya dilakukan pada saat rapat kerja (raker). Kedua, pelaksanaan program kecakapan vokasional ini di ikuti oleh setiap siswa sesuai dengan bakat dan minatnya. Proses pembelajaran ini terdiri dari 2 macam yaitu pertama, intrakurikuler (muatan lokal) di ikuti oleh siswa kelas X, XI, XII yang tidak mengikuti program khusus (ekstrakurikuler) dengan alokasi 2 jam perminggu. Kedua, ekstrakurikuler (program khusus) proses belajarnya mulai dari pukul 14.00-17.00 WIB, kecuali hari jum’at mulai pukul 13.00 WIB. Untuk kelas program khusus (ekstrakurikuler) siswa diwajibkan magang pada libur akhir tahun atau siswa naik ke kelas XII dengan alokasi waktu magang sekitar 1 (satu) bulan untuk meningkatkan kualitas dan skill praktik. Ketiga, evaluasi program kecakapan vokasional ini dilaksanakan untuk menilai kegiatan instruksional mulai dari pembuatan satuan acara pengajaran, pelaksanaan pembelajaran sampai dengan hasil belajar. Evaluasi program, misalnya suatu bab tertentu, suatu kegiatan tertentu, suatu jenis tertentu dari bahan-bahan pengajaran, buku pedoman guru, media, peralatan dan evaluasi peserta didik.