Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif Fikih kelas XI antara peserta didik yang berbasis pondok pesantren dengan yang non pesantren di MAN I Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengadakan penyelidikan komparasi yaitu teknik analisis kuantitatif atau salah satu teknik analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada tidaknya perbedaan antar variabel yang sedang diteliti. Populasi penelitinan ini adalah peserta didik kelas XI yang terdiri dari 143 orang, karena lebih dari 100 maka diambil sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara random (acak). Pengambilan sampel sebanyak 42% dari jumlah peserta didik 143 sehingga didapat 60,06 dan dibulatkan menjadi 60 peserta didik. Selanjutnya dari 60 peserta didik tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 30 peserta didik yang berbasis pondok pesantren dan 30 peserta didik yang non pesantren. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Sebelum instrument tes digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Penelitian ini juga menggunakan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji kai kuadrat. Berdasarkan uji kai kuadrat diperoleh = 32,35 dan pada taraf signifikansi 5% yaitu dan 21,666 pada tafar signifikansi 1% berarti ditolak, dan diterima, artinya erdapat perbedaan hasil belajar kognitif Fikih kelas XI antara peserta didik yang berbasis pondok pesantren dengan non pesantren di MAN I Suruh kabupaten Semarang tahun ajaran 2013/2014.