Regulasi diri dalam belajar antara mahasiswa Fakultas Ushuluddin angkatan 2015 yang tinggal di pesantren dan tidak di pesantren
Daftar Isi:
- Kajian pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris perbedaan regulasi diri antara mahasiswa fakultas ushuluddin angkatan 2015 yang tinggal di pesantren dan yang tidak tinggal di pesantren (non-pesantren). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparasi. Subjek penelitian berjumlah 64 mahasiswa yang diambil masing-masing 32 dari pesantren dan non-pesantren. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sekelompok subjek didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Data penelitian diambil menggunakan skala regulasi diri terdiri dari 29 aitem valid dan koefisien reabilitas alphanya 0,851. Berdasarkan uji perbedaan menggunakan tehnik uji t-independent dengan bantuan SPSS (Statistic Product and Service Solutions) versi 16.0 for windows diperoleh t = 4,319 dengan nilai signifikansi atau p = 0,000, dimana p<0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan regulasi diri antara mahasiswa fakultas ushuluddin angkatan 2015 yang tinggal di pesantren dan non-pesantren. Berdasarkan hasil uji analisis menunjukkan bahwa regulasi diri mahasiswa pesantren lebih baik daripada mahasiswa non-pesantren, dimana mean mahasiswa pesantren lebih tinggi daripada mahasiswa non-pesantren (107,25>97,44).