Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas Upaya Peningkatan Menghafal Surat-surat Pendek Dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas I Semester II MI Darussalam Sayung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Penerapan Metode drill terbukti dapat meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada siswa kelas I semester II MI Darussalam Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai Prestasi Belajar Siswa Kelas I MI Darussalam Sayung Demak pada materi menghafal surat-surat pendek sebelum menerapkan metode drill sangat minim. Hal itu dibuktikan dari hasil nilai sebelum metode drill diterapkan pra siklus siswa yang mencapai tuntas 2 orang atau 6,9 % dan yang belum tuntas 27 siswa atau 93,1 %, kemudian pada siklus I siswa yang mencapai tuntas ada 9 siswa atau 31,03 % dan yang belum tuntas ada 20 siswa atau 68,9 %. Hasil Prestasi Belajar Siswa Kelas II MI Darussalam Sayung Demak pada materi menghafal surat-surat pendek sesudah menerapkan metode drill meningkat dengan signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai setelah metode drill diterapkan pada siklus II siswa yang mencapai tuntas 29 orang atau 100 %. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan penggunaan metode drill terbukti dapat meningkatkan hafal surat-surat pendek siswa kelas I di MI Darussalam Sayung Demak Tahun pelajaran 2014/2015. Dengan demikian hipotesa sementara dari peneliti bahwa melalui metode drill dapat meningkatkan hafalan surat-surat pendek siswa kelas I MI Darussalam Sayung Demak Tahun 2014/2015, terbukti/diterima.