Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Problematika Peserta Didik dalam Pembelajaran al-Qur’an Ḥad ṡ dan solusinya kelas V di MI Ki Aji Tunggal Karangaji Kedung Jepara tahun ajaran 2015/2016. Kajian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam hal menulis, seperti: penulisan huruf yang tidak jelas, kurangnya tanda baca, pemenggalan kurang tepat, serta permasalahan dalam hal menghafal seperti: kurang lancar, ayat terbolak balik, kurang sesuai kaidah tajwid, ayat terlewati dan panjang pendek kalimat yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’an Ḥad ṡ dan solusinya di kelas V MI Ki Aji Tunggal Karangaji Kedung Jepara tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi tentang segala problematika yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’an Ḥad ṡ di kelas V MI Ki Aji Tunggal serta mencari solusi dari problem tersebut. Data pada penelitian ini diperoleh melalui tehnik tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan menulis, dan menghafal peserta didik. Teknik non tes meliputi: observasi secara langsung, wawancara Kepala Madrasah, guru mata pelajaran al-Qur’an Ḥad ṡ kelas V dan 35 peserta didik kelas V, serta data hasil dokumentasi. v Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Problematika peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’an Ḥad ṡ kelas V di MI Ki Aji Tunggal, diantaranya adalah aspek menulis: kurang tanda baca, penulisan huruf tidak jelas, penghilangan suku kata dan pemenggalan kalimat yang tidak tepat. Aspek menghafal: kurang lancar, kurang faṣiḥ dalam pengucapan qolqolah, ayat terbolak balik, ayat terlewati dan kurang dengung sesuai kaidah ilmu tajwid. 2) Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi problematika peserta didik tersebut diantaranya: Diputarkan tartilan, variasi dan kombinasi metode, penggunaan al-Qur’an dengan tajwid warna serta penggunaan media sederhana seperti kertas dan gambar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi, masukan, serta bahan evaluasi bagi para tenaga pendidik untuk mengambil kebijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan.