Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MIN Sumurrejo Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non-probability sampling yaitu populasi menjadi sampel dalam penelitian, dengan teknik analisis kuantitatif. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIN Sumurrejo Semarang sebanyak 41 responden. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas V MIN Sumurrejo Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dapat diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% menunjukkan nilai 5, maka signifikan. Hasil tersebut menunjukkan berarti terdapat korelasi antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi siswa kelas V MIN Sumurrejo Semarang. Dari data diatas, koefisien determinasi yang diperoleh = 0,650 Hal ini menunjukkan bahwa variabel (X) persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengelola kelas (Y) prestasi belajar siswa V MIN Sumurrejo Semarang adalah sebesar 65,00%. adapun sisanya 35,00% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. vi Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru maupun orang tua, terutama dalam memberikan dorongan dan semangat kepada para siswa agar senantiasa meningkatkan belajarnya. Bagi akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.