Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Problematika kompetensi pedagogik guru kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial beserta solusinya di MI Al khoiriyah 1 Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kualitatif. Yang dilaksanakan pada guru kelas IV di MI Al khoiriyah 1 Semarang. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data tentang problematika kompetensi pedagogik guru kelas IV. Data diperoleh dengan wawancara terstruktur, observasi partisipatif pasif dan dokumentasi dalam. Ada 3 guru kelas IV sebagai subjek atau narasumber dari penelitian ini. Dengan triangulasi sebagai teknik keabsahan data. Problematika yang sering dihadapi oleh guru kelas IV di MI AL-KHOIRIYAH 1 SEMARANG adalah tentang media dan pengondisian kelas. Media pembelajaran sudah cukup lengkap, namun ada beberapa media yang kurang. Contoh : peta dan photo dari pahlawan Indonesia. Pemberian tugas kepada siswa untuk mencari sendiri materi yang akan diberikan akan membantu guru menghemat penggunaan media terutama media yang belum ada. Pengondisian kelas juga sering dikeluhkan para guru kelas IV terutama pada minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Pendekatan secara emosional perlu ditingkatkan oleh guru terhadap siswa, sehingga siswa akan mengikuti pembelajaran yang di arahkan oleh guru.