Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang efektifitas metode pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) dalam meningkatkan hasil belajar Al- Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim mati kelas V MI MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) efektif dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim mati. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah true eksperimental design (eksperimen betul – betul) dengan jenis pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian yang terkumpul, diananlisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji . Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen metode peer tutoring (tutor sebaya) adalah 71,00 dan kelompok kontrol 61,563. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh dan . Uji menunjukan bahawa pada penelitian ini , maka, penerapan metode peer tutoring (tutor sebaya) efektif dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim mati kelas V MI MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.