Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Apakah penggunaan metode demonstrasi berbantu media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran matematika materi pokok perkalian di kelas II MI Sultan Agung 03 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati tahun pelajaran 2015/ 2016?” Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode tes, observasi, dan dokumentasi hasil tindakan maupun data dari sekolah, sehingga dengan penelitian tindakan kelas ini akan diketahui peningkatan atau penurunan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi berantu media benda konkrit pada mata pelajaran Matematika materi pokok perkalian di kelas II MI Sultan Agung 03 Pati. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar dapat dilihat tabel observasi yaitu siklus ke I sebesar 62,5%, pada siklus ke II meningkat menjadi 81,38%. dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 31,25%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 56,25%, dan pada siklus II meningkat sebesar 87,50%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa metode demonstrasi berbantu media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pokok perkalian di kelas II MI Sultan Agung 03 Pati.