Kemampuan Anak Usia 4-6 Tahun dalam Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ishlahul Amin Ngaliyan, Semarang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa kemampuan membaca al-Qur’an anak usia 4-6 tahun di TPQ Al-Ishlahul Amin, Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif lapangan dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Agar hasil penilaian berjalan dengan baik, maka proses analisa data tersebut dilakukan dengan mengumpulkan hasil data baik dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi kemudian dikumpulkan sesuai dengan komponen masing-masing kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Qur’an anak usia 4-6 tahun belum sesuai dengan apa yang diharapkan dari tujuan metode qiro’ati. Sebagian santri dalam membaca al-Qur’an masih jauh dari kaidah ilmu tajwid serta makhorijul hurufnya. Hal ini bisa dilihat dari tingkat kesulitan anak usia 4-6 tahun dalam melafadlkan salah satu huruf hijaiyyah, yaitu antara huruf ha’ dan kha’ , sin dan syin. Hal ini dipengaruhi oleh adanya 1) faktor lingkungan masyarakat, 2) faktor lingkungan sekolah, 4) faktor guru. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan perbaikan metode pembelajaran pendidikan, khususnya bagi Ustadz/Ustadzah di samping itu juga dapat memotivasi anak usia 4-6 tahun dalam membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Al- Ishlahul Amin Ngaliyan, Semarang.