Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Biologi di kelas XI IPA SMAN 08 Semarang, terdapat kesulitan belajar pada mata pelajaran Biologi berhubungandengan pemahaman materi dan hasil belajar siswa, hasil ulangan siswa materi “SEL” yang belum mencapai KKM 41,55%. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya sikap. Sikap siswa yang positif pada mata pelajaran Biologi menimbulkan intensitas belajar lebih tinggi daripada sikap siswa yang negatif.Selain sikap,EQ juga berhubungan dengan hasil belajar. Siswa yang EQnya tinggi memiliki kesadaran tentang kelemahan dan kekuatan diri serta berorientasi ke arah perbaikan diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara sikap pada mata pelajaran Biologi dan kecerdasan emosional (EQ) dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 08 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif. Jumlah sampel 101 responden dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada hubungan negatif dan signifikan antara sikap pada mata pelajaran Biologi dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 08 Semarang, rhitung=-0,269>0,16, signifikan; 2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional (EQ) dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 08 Semarang, rhitung =- 0,007<rtabel=0,16,tidak signifikan; 3) Ada hubungan yang signifikan antara sikap pada mata pelajaran Biologi dan kecerdasan emosional (EQ) dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 08 Semarang, Sig Fchange= 0,019< 0,05, artimya signifikan.