Hubungan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru Biologi dengan motivasi menjadi guru Biologi pada siswa kelas X, XI IPA, XII IPA di MA NU Nurul Huda Kecamatan Tugu Kota Semarang
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang hubungan persepsi siswa tentang kepribadian guru biologi dengan motivasi menjadi guru biologi pada siswa MA NU Nurul Huda.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah penelitian Asosiatif. Tujuan penelitian asosiatif dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru biologi di MA NU Nurul Huda kecamatan tugu kota Semarang terhadap motivasi menjadi guru biologi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah NU Nurul Huda Kelas X, XI, dan XII Program Jurusan IPA dengan jumlah sampel 161 siswa dari 310 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara persepsi siswa tentang guru biologi terhadap motivasi siswa untuk menjadi guru biologi. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan angket. Persepsi siswa MA NU Nurul Huda terhadap kepribadian guru biologi termasuk dalam kategori “kuat” dengan memiliki rata-rata prosentase yaitu 90,09 dengan tingkat kualitas 78%.. sedangkan Motivasi siswa untuk menjadi guru biologi di MA NU Nurul Huda termasuk dalam kategori kuat dengan tingkat kualitas 74%. Ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kepribadian guru biologi dengan motivasi menjadi guru biologi di MA NU Nurul Huda, hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy = 0,547 kemudian hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan tabel pedoman interprestasi terhadap koefisien korelasi sehingga dihasilkan nilai yang menunjukan tingkat hubugan yang sedang. Serta diketahui bahwa thitung = 8,248 dan ttabel (0,05) = 1,7 maka thitung= 8,248 > ttabel(0,05) = 1,7 sehingga hasil korelasi antara kedua variabel adalah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi dan masukan bagi Kepala Madrasah, guru dan peserta didik bahwa kepribadian guru menjadi contoh untuk karakter dan motivasi peserta didik.