Daftar Isi:
  • Perbedaan persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi tentang koleksi buku biologi di perpustakaan FITK yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan biologi tentang koleksi buku biologi di perpustakaan FITK UIN Walisongo Semarang. 2) Mengetahui motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Biologi FST UIN Walisongo Semarang. 3) Membuktikan ada tidaknya pengaruh persepsi tentang koleksi buku biologi di perpustakaan FITK terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Biologi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Pengujian hipotesis menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 48 mahasiswa Pendidikan biologi dari angkatan 2012-2014. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: persepsi tentang koleksi buku biologi di perpustakaan FITK dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi termasuk dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 51,96 dan 69,62 yang terletak pada interval 48-60 dan 65-73. Analisis hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel persepsi tentang koleksi buku biologi (X) terhadap motivasi belajar (Y) sebesar 0,304 . Dibuktikan dengan hasil varian regresi Fhitung = 4,967. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai Fhitung>Ftabel, 4,967>4,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi koleksi buku biologi di perpustakaan FITK terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan biologi FST UIN Walisongo Semarang dengan konstribusi pengaruhnya sebesar 9,3 %.