Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas keterampilan menyimpulkan pada peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror Gunungpati, Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimpulkan yang dimiliki peserta didik kelas XI di MA Al Asror. Keterampilan menyimpulkan mempunyai peran penting untuk mendorong kemampuan berpikir kritis, menulis kreatif, dan mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA-2. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kualitas keterampilan menyimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peserta didik kelompok kognitif tinggi mencapai kategori sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 65,75, kelompok kognitif sedang mencapai kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 49,75 dan kelompok kognitif rendah mencapai kategori cukup dengan skor rata-rata sebesar 46,2. Secara keseluruhan kualitas keterampilan menyimpulkan pada peserta didik kelas XI dengan menggunakan model inkuiri terbimbing di MA Al Asror tergolong kedalam kedalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 51,3.