Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran problem based learning menggunakan concept mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik MAN Demak materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Jenis penelitian ini merupakan penelitian mixed methodes model concurent embedded strategy. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Hasil observasi menunjukan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eskperimen (lebih dari 75, kategori baik), sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol (kurang dari 75, kategori cukup). Catatan harian peserta didik kelas eksperimen menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik bertanya jika belum memahami materi yang dipelajari serta mengungkapkan lebih dari solusi dalam menyelesaikan masalah. Hasil analisis data posttest diperoleh thitung > ttabel sehingga Ho diterima, yang artinya rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil analisis skala psikologi, rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen (70,95 (kategori tinggi)) lebih baik daripada kelas kontrol (63,76 (kategori rendah)). Adapun hasil wawancara dengan guru kimia menyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning menggunakan concept mapping efektif diterapkan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Berdasarkan hal tersebut di atas dapat dikatakan pembelajaran problem based learning menggunakan concept mapping efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik MAN Demak materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.