Analisis keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror
Daftar Isi:
- Keterampilan memberikan penjelasan sederhana merupakan salah satu aspek berpikir kritis yang menandakan bahwa peserta didik telah memahami konsep materi yang dipelajari, sehingga peserta didik dapat memberikan penjelasan dengan benar sesuai dengan konsep materi yang telah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi hidrolisis pada peserta didik kelompok kognitif tinggi mencapai kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 49,5. Pada peserta didik kelompok kognitif sedang mencapai kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 46,56, dan pada peserta didik kelompok kognitif rendah mencapai kategori cukup dengan skor rata-rata sebesar 37,2. Adapun secara keseluruhan kualitas keterampilan memberikan penjelasan sederhana peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror tergolong ke dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata posttest sebesar 45,71.