Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya buku ajar fisika berbasis integrasi sains dan Islam kelas X SMA/MA materi alat optik, suhu dan kalor, listrik dinamis, dan gelombang elektromagnetik baik di toko buku maupun sekolah di daerah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar fisika berbasis integrasi sains dan Islam kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas bahan ajar fisika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang batasi sampai dengan tahap validasi ahli. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan lima kategori disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media dan guru fisika, kemudian mengubah hasil penilaian ahli dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor dan persentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika ini layak digunakan dengan kategori baik (B). Hal ini didasarkan pada jumlah rerata skor dan persentase kelayakan bahan ajar untuk ahli materi skor 3,5 persentase kelayakan 70,25%, untuk ahli media skor 4,02 persentase kelayakan 81%, dan guru fisika skor 4,0 persentase kelayakan 80,95%.