Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang kompetensi pedagogik mahasiswa pendidikan Biologi. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan penulis tentang kompetensi mahasiswa calon guru dalam pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Mengingat bahwa kompetensi pedagogik bagi calon guru sangatlah penting karena untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : bagaimana keterampilan mahasiswa semester VII dalam merancang perencanaan pembelajaran (RPP) dan Kompetensi mahasiswa calon guru dalam pelaksanaan pembelajaran Microteaching jurusan Pendidikan Biologi. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis. Komponen yang menjadi fokus penelitian yaitu Merancang Rencana Pembelajaran dan komponen Pelakasanaan Pembelajaran. Pada komponen pertama semua rata-rata dimiliki oleh mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang tergolong amat baik karena hasil analisis menunjukan RPP sesuai dengan komponen dan aspek yang diamati. Mahasiswa Praktikan Secara keseluruhan mampu merancang RPP dengan baik, sesuai dengan pedoman penyusunan RPP. Komponen yang kedua Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Melaksanakan Pembelajaran, tergolong baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi terhadap 6 mahasiswa praktikan pendidikan biologi yang melakasanakan kegiatan pembelajaran dengan baik, dalam melaksanakan kegiatan pembalajaran mahasiswa praktikan melakukannya sesuai dengan RPP yang telah mereka siapkan sebelum melakukan pelaksaan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi mahasiswa calon guru pendidikan biologi yang semuanya memiliki nilai yang cukup bagus dalam observasi yang dilakukan peneliti di Lab Microteaching Uin Walisongo Semarang.