Pengaruh Metode A Ba Ta Tsa terhadap Motivasi Belajar Membaca Al-Quran pada Siswa Kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013
Daftar Isi:
- Pengaruh Metode A Ba Ta Tsa Terhadap Motivasi Belajar Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas I Di Sdit Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana proses pembelajaran Al-Quran dengan metode A BA TA TSA pada kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2011-2012, 2) Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh metode A BA TA TSA terhadap motivasi belajar membaca A-Quran siswa kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, angket, observasi dan interview. Subjek penelitian sebanyak 60 responden, menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan anailisi regresi. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar metode A Ba Ta Tsa terhadap motivasi belajar membaca Al-Quran pada kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rxy sebesar 0, 719 , sehingga rxy > Rtabel (1% dan 5%) yaitu (0,719>0,250>0,325), dengan = 51,7%. Artinya r hitung lebih besar daripada r tabel taraf signifikansi 1% dan 5% dengan korelasi determinasi sebesar 51,7%. Dengan demikian ada korelasi positif antara metode A Ba Ta Tsa dengan motivasi belajar membaca Al-Quran, artinya semakin tinggi penerapan metode A Ba Ta Tsa semakin tinggi pula motivasio belajar membaca Al-Quran, setiap penambahan 1 satuan metode A Ba Ta Tsa akan menaikan motivasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Hal ini dapat dilihat. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh Freg = 61,97 >Ftabel1% = 7,093 dan Ftabel 5%=4,007 . artinya F regresi lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 1%dan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis terdapat pengaruh metode A Ba Ta Tsa terhadap motivasi belajar Membaca Al-Quran siswa kelas I di SDIT CAhaya Bangsa Mijen Semarang.