Pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen kota Semarang tahun ajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang salah satunya dipengaruhi oleh katerampilan guru dalam mengajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian yang dilaksanakan di MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang dan mengambil kelas IV sebagai sumber penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Datanya diperoleh dengan cara membagikan angket dan studi dokumentasi. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016. Dari hasil perhitungan regresi menunjukan hasil yang signifikan. Hasil perhitungan regesi diperoleh Ftabel = 4,20 dan harga Freg = 29,6673. Jika dibandingkan maka Freg>Ftabel. Hal ini ditunjukan dengan persamaan garis regresi Ŷ=20,764+0,765X dan sumbangan relatif sebesar 51,44%. Sehingga dapat dikatakan bahwa persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik mupun calon pendidik, bahwa persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran.