Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Kelas 1 Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mi Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang Semarang, hal ini di latar belakangi dengan maraknya anak/siswa sekolah yang mulai melakukan perbuatan yang tidak terpuji, kenakalan remaja, absen pada saat jam sekolah, membentuk geng, malas membaca, tidak taat beribadah dan lain sebagainya, maka dari itu perlu adanya peran guru dalam menerapkan strategi pendidikan karakter bagi siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan bagaimana peran guru kelas 1 dalam membentuk karakter siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang. MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret peran guru dalam menerapkan strategi pendidikan karakter bagi siswa. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: peran guru kelas 1 dalam membentuk karakter siswa di MI Darul Ulum Wates Ngaliyan Semarang dilaksanakan dengan beberapa strategi diantaranya: strategi pemahaman, pembiasaan, keteladanan, dan mengingatkan yang disesuaikan dengan materi dan kondisi peserta didik. Peran guru dalam menerapkan strategi pendidikan karakter bagi siswa cukup terbilang bagus karena menimbulkan dampak yang positif bagi karakter siswa.